Mengenal Pinjaman Dana Pendidikan Agar Tidak Putus Sekolah

Hampir setiap orang membutuhan pinjaman dana untuk berbagai macam keperluan. Salah satunya adalah untuk dana pendidikan. Apalagi pendidikan sekarang telah menjadi hal yang tidak tabu lagi. Tanpa pendidikan, akan terjadi kesenjangan sosial. Maka dari itulah, tak heran jika saat ini banyak perusahaan menyediakan fasilitas beasiswa untuk mereka yang membutuhkan pendidikan secara gratis.

Namun, bagi mereka yang tidak mendapatkan beasiswa, biaya pendidikan ini bisa diatasi dengan cara mengajukan pinjaman uang pendidikan. Karena tingkat kenaikan untuk biaya masuk sekolah, beserta iurannya semakin tinggi. Yaitu, dari 6% sampai dengan 20% per tahun. Tentu saja ini mempersulit mereka yang memiliki keterbatasan ekonomi untuk mendapatkan pendidikan yang lebih tinggi.

Nah, bila berbicara tentang pendidikan dasar dan menengah saat ini mungkin sudah banyak sekolah negeri yang telah ditanggung biayanya oleh pemerintah. Salah satu program yang memberikan kemudahan pendidikan bagi mereka yang tidak mampu adalah program BOS. Namun, untuk jenjang perguruan tinggi sekarang ini belum ada yang menjamin biaya pendidikannya selain beasiswa dan mahasiswa itu sendiri.

Tak heran jika kemudian hanya ada 8,15% yang berusia lebih dari 15 tahun yang bisa menyelesaikan pendidikan perguruan tinggi. Sedangkan sisanya lebih memilih untuk bekerja secara langsung demi mencukupi kebutuhannya. Maka dari itulah, untuk Anda yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi namun dana tidak mencukupi, tidak ada salahnya Anda mengajukan pinjaman untuk pendidikan.

 

Pentingnya Pinjaman Dana Pendidikan dan Pengertiannya

Pinjaman untuk dana pendidikan ini sangat penting sekali. Karena saat ini peningkatan biaya pendidikan dari tahun ke tahun semakin naik. Tak hanya untuk pendidikan formal saja, namun pendidikan informal juga demikian. Hal ini tak lain karena sering terjadi inflasi melemahnya nilai mata uang rupiah di mata dunia.

Selain itu, peningkatan biaya pendidikan juga bisa terjadi karena beberapa lembaga pendidikan ingin meningkatkan kualitas pendidikannya. Sehingga, mereka butuh biaya tambahan yang cukup banyak. Otomatis dengan begitu, biaya pendidikan semakin mahal. Misalnya saja, seperti uang pangkal, beserta iuran untuk setiap bulannya untuk para siswa yang menempuh pendidikan.

Mengingat pinjaman uang pendidikan begitu penting, lalu apa sih kredit pendidikan itu? Meskipun jalan keluar untuk dapat melanjutkan pendidikan adalah harus menabung. Masalahnya adalah tidak semua orang mau menabung dari jauh-jauh hari. Sehingga, beberapa orang membutuhkan pinjaman pendidikan, yang mana secara resmi pernah disampaikan oleh bapak Presiden Jokowi di tanggal 15 Maret 2018 silam.

Sehingga, beberapa bank, seperti BNI, BRI, dan BTN turut merealisasikannya. Jadi, kredit pendidikan adalah pinjaman yang diberikan untuk mereka yang ingin menempuh pendidikan lebih tinggi dengan skema bunga pinjaman yang lebih rendah. Selain itu, jangka pinjamannya juga biasanya jauh lebih panjang. Namun meskipun begitu, beberapa pemberi pinjaman biasanya mewajibkan peminjam untuk melunasi pinjamannya sebelum lulus.

 

Syarat Mengajukan Pinjaman Dana Pendidikan

Setiap bank yang memberi pinjaman pasti memberikan syarat khusus, beserta ketentuannya untuk calon nasabah yang ingin mengajukan kredit pendidikan. Misalnya saja, seperti bank BRI. Bank BRI telah menetapkan suku bunga sebesar 0,65% hingga 0,72% setiap bulan untuk bunga BRIGUNA Flexi Pendidikan. Sedangkan persyaratan dokumennya meliputi 6 macam, yaitu fotokopi identitas diri, slip gaji, kartu keluarga, SK pegawai, surat kuasa potong gaji dari tempat kerja. Jika ada dokumen pendukung yang lain akan lebih baik. Sedangkan untuk ketentuan jangka waktu pinjamannya paling lama 10 tahun, dengan nilai plafon sebesar 75 juta rupiah sampai dengan 150 juta rupiah.

Pinjaman ini diberikan untuk mahasiswa pascasarjana. Itupun dengan catatan harus sudah bekerja menjadi karyawan tetap di sebuah instansi atau perusahaan. Gaji yang dimiliki juga harus tetap hingga masa pendidikan berlangsung. Berlakunya pinjaman ini hanya berlaku untuk universitas yang sudah bekerja sama dengan BRI. Fasilitas yang ditawarkan juga banyak.

Melihat hal tersebut, kini menggapai pendidikan setinggi langit bukan lagi mimpi. Anda bisa mendapatkan pendidikan yang lebih baik dengan cara melakukan pengecekan produk untuk mencari dimanakah letak pinjaman tunai yang terbaik dan memiliki bunga rendah dan cicilan ringan. Untuk informasi lebih lanjut mengenai kredit produk pinjaman dana, anda  bisa membuka laman di https://www.cekaja.com/kredit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *