Mengenal Kartu Pra Kerja. Apa Saja Tujuannya?

Belum lama ini telah banyak masyarakat yang cukup dikagetkan dengan rencana yang dimiliki oleh Presiden Jokowi untuk meluncurkan Kartu Pra Kerja. Mengapa? Karena ini merupakan hal yang terdengar baru di telinga masyarakat. Padahal sebelumnya telah banyak diluncurkan oleh pemerintah berbagai kartu sakti yang digunakan untuk membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya.

Namun berbeda dengan awal kemunculan Kartu Pra Kerja yang dianggap akan merugikan negara. Mengapa anggapan tersebut dapat muncul? Karena Kartu Pra Kerja dipandang sebagai kartu sakti yang digunakan untuk menggaji para pengangguran di Indonesia. Apabila ditinjau lebih jauh, tingkat pengangguran di Indonesia pun terbilang tinggi. Hal ini tentunya yang membuat banyak masyarakat kaget akan kemunculan Kartu Pra Kerja.

Dengan tingkat pengangguran yang terbilang tinggi, tentunya pemerintah akan sangat mengalami kerugian apabila memberikan Kartu Pra Kerja kepada seluruh pengangguran yang ada di Indonesia. Selain itu, rencana kemunculan Kartu Pra Kerja pun dianggap tidak efektif karena akan membuat para pengangguran menjadi lupa diri karena akan berpikir bahwa tanpa bekerja pun akan mendapatkan uang saku dari pemerintah.

Lantas dengan berkembangnya asumsi-asumsi tersebut sontak membuat berbagai pihak menjadi pro dan kontra terhadap rencana diluncurkannya Kartu Pra Kerja. Namun sebelum kamu menyimpulkan sesuatu yang nantinya akan memicu terbentuknya asumsi yang salah, alangkah lebih baik apabila kamu mencari informasi lengkap terlebih dahulu.

Untuk itu, bagi kamu yang masih bingung dengan tujuan dari rencana diluncurkannya Kartu Pra Kerja, kamu harus membaca beberapa informasi berikut ini:

Meningkatkan Mutu Sumber Daya Manusia

Sebelum mendapatkan pekerjaan, tentunya setiap orang harus memiliki kualitas dan keterampilan yang dapat diperhitungkan bagi pihak perusahaan. Karena tentunya masing-masing perusahaan memiliki kriteria tersendiri dalam memilih calon tenaga kerja. Hal ini lah yang menjadi modal utama seseorang untuk dapat bersaing dengan kandidat pencari kerja lainnya.

Selain itu, dengan adanya Kartu Pra Kerja diharapkan dapat menambah skill sumber daya manusia di Indonesia. Karena hal ini juga akan berpengaruh besar untuk dapat bertarung di kompetisi dengan negara lain. Karena akan sulit untuk dapat bertarung dengan negara lain apabila sumber daya manusia di Indonesia memiliki skill yang terbilang kurang.

Menyediakan Training untuk Mengasah Keterampilan

Pada dasarnya Kartu Pra Kerja diperuntukkan bagi para lulusan SMA, SMK, atau Universitas yang tentunya belum memiliki pengalaman kerja. Nantinya para lulusan yang mendapatkan Kartu Pra Kerja berhak mengikuti beberapa training yang kemungkinan bisa dilakukan di instansi pemerintah, beberapa perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), maupun di perusahaan swasta.

Tentunya dengan mengikuti berbagai training yang telah difasilitasi oleh Kartu Pra Kerja, kamu dapat mengasah kemampuan dan keterampilan yang kamu miliki untuk menunjang bidang pekerjaan yang kamu inginkan.

Motivasi dalam Mencari Pekerjaan

Dengan adanya Kartu Pra Kerja diharapkan banyak masyarakat Indonesia yang hingga saat ini belum mendapatkan pekerjaan dapat menjadi motivasi bagi mereka untuk terus mengembangkan kreativitas pada bidangnya masing-masing. Mengapa? Karena Kartu Pra Kerja tidak berlaku untuk selamanya melainkan terdapat jangka waktu yang diberikan yaitu maksimal hingga sampai satu tahun

Dengan diberlakukannya batas waktu, tentunya akan semakin membuat banyak masyarakat untuk lebih bersemangat dan gerak cepat untuk bisa mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan bidang yang diinginkan.

Setelah mengetahui berbagai informasi tersebut, tentunya saat ini kamu sudah tidak bingung lagi mengenai penjelasan tentang Kartu Pra Kerja dan tujuan dari dibuatnya Kartu Pra Kerja itu sendiri. Namun, bagi kamu yang ingin mengetahui informasi lainnya yang lebih dalam mengenai Kartu Pra Kerja, kamu dapat membacanya melalui artikel berikut ini: https://www.cekaja.com/info/mengenal-kartu-pra-kerja-janji-baru-joko-widodo/

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *